Pengembangan media komik digital untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran sejarah Kelas V Sekolah. / Ilham Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media komik digital untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran sejarah Kelas V Sekolah. / Ilham Ramadhan

Ramadhan, Ilham (2022) Pengembangan media komik digital untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran sejarah Kelas V Sekolah. / Ilham Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa komik digital yang yang telah melalui uji coba dan uji kelayakan sehingga media layak digunakan dalam pembelajaran kelas 5 Sekolah Dasar pada materi sejarah pada pembelajaran tematik tema 7 subtema 1 di SDN Besuki 01. Pengembangan media pembelajaran komik digital menggunakan model pengembangan Dick amp Carey dengan 9 tahap. yaitu tahap analisis kebutuhan analisis pembelajaran analisis pembelajar dan konteks Merumuskan tujuan performansi mengembangkan instrument mengembangakan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih bahan ajar merancang dan melakukan evaluasi formatif melakukan revisi. Subjek penelitian pengembangan media pembelajaran komik digital adalah siswa kelas 5 SDN Besuki 01 Blitar. Jenis data yang diperoleh kualitatif diperoleh dari hasil angket/instrumen para ahli dan hasil uji coba lapangan melalui instrumen pengumpulan data berupa angket penilaian hasil wawancara dan hasil observasi. Data kuantitatif berupa persentase dari hasil penilaian angket terhadap produk yang dikembangkan peneliti. Hasil uji kelayakan komik digital yang telah dilakukan oleh ahli materi diperoleh total persentase 100% dan hasil uji kelayakan ahli media diperoleh persentase 95% hal ini menunjukan media komik digital layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan uji coba lapangan yang di uji cobakan ke 28 siswa memperoleh total persentase 85%. Sehingga dapat Disimpulkan bahwa media pembelajaran komik digital Layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265614

Actions (login required)

View Item View Item