Saadah, Fitri Nur (2022) Motivasi belajar mahasiswa beraktivitas gamifikasi / Fitri Nur Saadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah pemrograman visual beraktivitas gamifikasi. Pendekatan yang digunakan kuantitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Universitas Negeri Malang dengan melibatkan 108 mahasiswa teknologi pendidikan yang sedang mengambil mata kuliah pemrograman visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan angket tertutup dengan skala likert indikator disusun berdasarkan teori ARCS. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung presentase data dari setiap indikator kemudian mengiterpretasi skor presentasi data dan mengkategotikan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswa beraktivitas gamifikasi ditemukan hasil yang beragam pada frekuensi terbanyak pada setiap aspek. Pada aspek attention dengan kategori tinggi (47 2%) relevansi dengan kategori sangat tinggi (64 8%) confidence pada tingkat rendah (43 5%) dan satisfaction pada tingkat tinggi (47 3%). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi untuk berbagai pihak dalam menyelenggarakan pembelajaran terutama yang melibatkan motivasi didalamnya. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan kajian bagi peneliti lain dalam menganalisis dan mengembangkan motivasi belajar mahasiswa beraktivitas gamifikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/265611 |
Actions (login required)
View Item |