Behavioral engagement pada gamifikasi perkuliahan daring pemrograman visual / Annisa Miranda Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Behavioral engagement pada gamifikasi perkuliahan daring pemrograman visual / Annisa Miranda Permatasari

Permatasari, Annisa Miranda (2022) Behavioral engagement pada gamifikasi perkuliahan daring pemrograman visual / Annisa Miranda Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemrograman Visual adalah salah satu mata kuliah yang ditawarkan pada program studi sarjana S1 teknologi pendidikan. Berdasarkan survei di lapangan hampir 85% mahasiswa teknologi pendidikan tidak memiliki latar belakang belajar pemrograman. Untuk memberikan motivasi dalam pembelajaran pemrograman visual maka gamifikasi diperlukan dalam pelaksanaan. Biasanya prinsip gamifikasi diselenggarakan secara luring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui behavioral engagement mahasiswa saat perkuliahan berlangsung dengan menerapkan gamifikasi secara daring. Metode yang digunakan adalah survei kepada 98 mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan di pertemuan ke 8. Hasil menunjukkan bahwa secara empirik tingkat behavioral engagement mahasiswa dalam perkuliahan pemrograman visual sudah baik dalam kategori tinggi dan sedang meskipun ada yang berkatagori rendah. Secara hipotetik mahasiswa dalam menempuh perkuliahan pada tingkat yang tinggi dan sedang. Hasil secara keseluruhan didiskusikan pada bagian pembahasan dari artikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265607

Actions (login required)

View Item View Item