Pengembangan media pembelajaran tematik berbasis augmented reality 3D untuk Sekolah Dasar / Mohamad Alfan Abdaul Musthofa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran tematik berbasis augmented reality 3D untuk Sekolah Dasar / Mohamad Alfan Abdaul Musthofa

Musthofa, Mohamad Alfan Abdaul (2022) Pengembangan media pembelajaran tematik berbasis augmented reality 3D untuk Sekolah Dasar / Mohamad Alfan Abdaul Musthofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Augmented Reality (AR) atau realitas tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya dalam waktu nyata (real time) Penggunaan media dalam proses pembelajaran di SDN Kawedusan 1 masih sederhana khususnya pada materi ilmu pengetahuan alam. Pada subtema peredaran darahku sehat guru masih mengandalkan media sederhana berupa foto atau gambar pada buku pelajaran. Hal tersebut menyebabkan guru memiliki berbagai permasalahan dalam pembelajaran seperti kesulitan dalam menjelaskan abstraksi materi pembelajaran siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan kurangnya minat belajar siswa sehingga perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa aplikasi berbasis augmented reality 3D yang telah melalui proses uji validasi dan uji coba sehingga media layak digunakan dalam pembelajaran kelas 5 Sekolah Dasar pada materi tematik tema 4 sub tema 1 peredaran darahku sehat di SDN Kawedusan 1 ponggok Blitar. Penelitian dilakukan menggunakan model pengembangan lee dan Owens (2004) yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian pengembangan media pembelajaran tematik berbasis AR 3D untuk Sekolah Dasar adalah siswa kelas 5 SDN Kawedusan 1 Blitar.Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (angket ahli materi ahli media dan angket siswa) dan kualitatif (saran ahlli materi ahli media dan siswa). Media pembelajaran berbasis augmented reality 3D untuk sekolah dasar telah diuji validasinya oleh ahli materi ahli media dan 10 siswa untuk uji coba lapangan. Berdasarkan hasil angket ahli materi diperoleh total presentase 90% tanggapan positif dengan rata-rata 3 6 dari nila maksimal 4 dan hasil angket ahli media diperoleh total presentase 95% tanggapan positif dengan rata-rata 3 8 dari nila maksimal 4. Sedangkan hasil uji coba respoden yang didapatkan menunjukan total persentase 91 5% tanggapan positif dengan rata-rata 3 66. Hasil pengembangan menunjukan pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality 3D untuk sekolah dasar bedasarkan tanggapan ahli materi dan ahli media serta hasil ujicoba pada siswa media dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran dan memiliki nilai kemenarikan serta memotivasi siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265606

Actions (login required)

View Item View Item