Fardani, Afri Tri (2022) Game konten informatika SMP berbasis pembelajaran kolaboratif / Afri Tri Fardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada saat pembelajaran berlangsung siswa memiliki kecenderungan untuk bekerja sendiri. Media kuis yang digunakan pada pembelajaran informatika juga bersifat individu. Oleh karena itu peneliti mengembangkan game konten informatika SMP berbasis pembelajaran kolaboratif dan memvalidasi kelayakan game konten informatika SMP berbasis pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba validasi game ini terdiri dari ahli media pembelajaran ahli materi informatika dan ahli pembelajaran. Subjek implementasi game edukasi berbasis website menggunakan baamboozle adalah peserta didik kelas VII SMP Katolik Cor Jesu Malang dengan jumlah 37 peserta didik. Skor persentase hasil akhir validasi ahli media sebesar 97.82% validasi ahli materi sebesar 93.75% validasi ahli pembelajaran sebesar 100% yang pada tabel termasuk kategori sangat baik dan layak untuk diuji cobakan kepada siswa. Hasil respon siswa memperoleh skor persentase sebesar 86.22% termasuk kriteria sangat baik dan layak untuk dipakai dalam proses pembelajaran. Rata-rata nilai pretest sebanyak 66.48 sedangkan nilai posttest sebanyak 81.40 meningkat sebesar 22%. Peningkatan pemahaman hasil belajar siswa bisa dihitung dengan rumus N-Gain dan mendapatkan hasil 0.44 yang termasuk dalam kriteria rdquo sedang rdquo . Produk dari game konten informatika SMP berbasis pembelajaran kolaboratif adalah kuis berbasis website menggunakan baamboozle. Manfaat dari game bamboozle bisa membuat suasana belajar yang kolaboratif menarik perhatian siswa dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/265605 |
Actions (login required)
View Item |