Pengembangan multimedia interaktif materi pencemaran lingkungan untuk siswa SMP Kelas VII / Zaki Alfisga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif materi pencemaran lingkungan untuk siswa SMP Kelas VII / Zaki Alfisga

Alfisga, Zaki (2022) Pengembangan multimedia interaktif materi pencemaran lingkungan untuk siswa SMP Kelas VII / Zaki Alfisga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembatasan waktu pembelajaran berdampak pada berkurangnya materi pelajaran yang didapat siswa. Sehingga dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang mampu membantu guru dalam menjaga kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi pokok pencemaran lingkungan untuk siswa SMP kelas VII. Multimedia interaktif ini disajikan dalam bentuk html dan dapat digunakan melalui komputer. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Lee amp Owens yang terdiri dari 5 tahapan sebagai berikut (1) analisis (2) perencanaan (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi uji coba perorangan selanjutnya diuji cobakan pada 14 siswa kelas VII SMP Ma rsquo arif Batu. Hasil uji validitas ahli media diperoleh skor 4 95 dan oleh ahli materi diperoleh skor 4 87. Hasil uji coba kelompok mendapatkan skor sebesar 3 97. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi pokok pencemaran lingkungan yang dikembangkan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 02:30
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265603

Actions (login required)

View Item View Item