Miskonsepsi penambahan model pembelajaran kontekstual dengan pemetaan konsep terhadap kemampuan siswa mengaplikasikan prosedur / Dio Achmad Fajar - Repositori Universitas Negeri Malang

Miskonsepsi penambahan model pembelajaran kontekstual dengan pemetaan konsep terhadap kemampuan siswa mengaplikasikan prosedur / Dio Achmad Fajar

Fajar, Dio Achmad (2022) Miskonsepsi penambahan model pembelajaran kontekstual dengan pemetaan konsep terhadap kemampuan siswa mengaplikasikan prosedur / Dio Achmad Fajar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk membuktikan miskonsepsi penerapan model pembelajaran melalui analisis perbedaan penggunaan metode pembelajaran kontekstual dengan strategi pemetaan konsep dan tanpa strategi pemetaan konsep terhadap implementasi kemampuan prosedural. Miskonsepsi sering terjadi dengan menganggap penambahan pada model pembelajaran akan memberikan dampak siknifikan terhadap hasil belajar. Guru memerlukan pengetahuan memilih model pembelajaran dan strategi. Bukti empiris penelitian miskonsepsi akan memberikan kontribusi keilmuan pemilihan tindakan pembelajaran pada dimensi pengetahuan tingkat tinggi atau rendah. Pemilihan penambahan strategi dan model pembelajaran tepat dapat menghindari terjadinya miskonsepsi terhadap tercapainya tujuan pembelajaran efektif dan efisien. Metode penelitian menggunakan eksperimental dengan true experimental design berpola pre test dan post test sebagai instrumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Sriwedari Malang dalam pembelajaran muatan lokal akuntansi. Kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran kontekstual dengan strategi pemetaan konsep dan kelas kontrol menggunakan tanpa strategi pemetaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi pada penambahan strategi pemetaan konsep terhadap model pembelajaran dengan tidak signifikannya perbedaan diantara dua kelas. Kelas eksperimen mendapatkan rata-rata skor sebesar 80 18 dan kelas kontrol mendapatkan rata-rata skor sebesar 81 35 dengan signifikansi pada independent samples test sebesar 0 752. Penggunaan strategi pemetaan konsep pada pembelajaran kontekstual tidak perlu diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengaplikasikan prosedur siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265599

Actions (login required)

View Item View Item