Analisis technological-pedagogical knowledge (tpk) Guru Sekolah Dasar di Daerah Rural / Feriana Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis technological-pedagogical knowledge (tpk) Guru Sekolah Dasar di Daerah Rural / Feriana Masruroh

Masruroh, Feriana (2022) Analisis technological-pedagogical knowledge (tpk) Guru Sekolah Dasar di Daerah Rural / Feriana Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Technological Pedagogical Knowledge (TPK) merupakan pemahaman tentang bagaimana suatu teknologi digunakan dengan cara tertentu sehingga pengajaran dan pembelajaran dapat berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui technological pedagogical knowledge (TPK) guru sekolah dasar yang bertugas di daerah rural atau pedesaan. Subjek penelitian merupakan Guru dan Kepala SDN Gading. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara angket observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru yang berkaitan dengan Information and Communication Technologies (ICT) dalam pembelajaran ini meningkat semenjak adanya Covid-19 yang mengharuskan guru di daerah rural untuk terus mengeksplorasi perkembangan teknologi. Namun sayangnya penggunaan teknologi digital di daerah rural terkendala oleh kurangnya fasilitas jaringan internet yang kurang merata serta kurangnya pelatihan guru dalam memanfaatkan teknologi digital di dalam kelas. Sementara kemampuan pedagogik guru bisa dikatakan sudah baik. Guru sudah memahami karakteristik siswa dengan baik namun perlu pendalam kembali mengenai pemahaman konseptual pembelajaran sepeti teori model metode dan strategi pembelajaran. Meski demikian guru merasa bahwa perlu diadakannya pelatihan untuk meningkatkan kemampuan teknologi guru. Sehingga diharapkan kedepannya akan semakin banyak penelitian pengembangan untuk mengadakan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ICT guru di daerah rural untuk kepentingan pembelajaran di dalam kelas maupun pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265588

Actions (login required)

View Item View Item