Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru SMK Pusat Keunggulan / Salsa Islam Lazuardini - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru SMK Pusat Keunggulan / Salsa Islam Lazuardini

Lazuardini, Salsa Islam (2022) Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru SMK Pusat Keunggulan / Salsa Islam Lazuardini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) bertujuan menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten pada keahlian tertentu sehingga guru dituntut untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengajar. TPACK merupakan pemahaman terkait bagaimana pengetahuan konten (CK) pedagogi (PK) dan teknologi (TK) bekerja bersama di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana kemampuan guru SMK PK dalam mengintegrasikan teknologi pedagogi dan konten untuk dapat menghasilkan lulusan yang unggul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data adalah 5 guru mata pelajaran produktif masing-masing kejuruan di salah satu SMK PK di Kota Malang. Objek penelitian ini berfokus pada kemampuan guru terkait domain PCK TCK TPK dan TPACK di dalam melaksanakan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa untuk memilih teknologi tertentu guru mengobservasi bagaimana karakter dan kondisi siswa yang juga disesuaikan dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Guru juga memilih representasi teknologi yang lebih familier sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggunakannya. Secara umum dari hasil penelitian didapatkan bahwa guru di SMK PK ini telah mengintegrasikan pengetahuan terkait teknologi pedagogi dan konten di dalam proses pembelajaran. Penulis menyarankan untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait TPACK dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265585

Actions (login required)

View Item View Item