Pemanfaatan blended learning berbasis google classroom pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas X SMKN 5 Malang / Arif Febri Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan blended learning berbasis google classroom pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas X SMKN 5 Malang / Arif Febri Wibowo

Wibowo, Arif Febri (2022) Pemanfaatan blended learning berbasis google classroom pada mata pelajaran bahasa Indonesia Kelas X SMKN 5 Malang / Arif Febri Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan blended learning berbasis google classroom pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X yang dilakukan di SMKN 5 Malang. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana guru dan siswa menerapkan blended learning dikelas mulai dari konsep persiapan yang dibutuhkan hingga proses melakukannya. Penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif yang menjadikan guru Bahasa Indonesia dan siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning sangat membantu dalam proses pembelajaran di kelas dilihat dari minat siswa dalam bertanya serta terjadinya perubahan kemandirian belajar siswa saat belajar mandiri di rumah. Faktor pendukungnya adalah dengan keadaan sekitar saat ini yang tidak memungkinkan untuk sering bertatap muka di kelas akibat dari pandemi Covid-19. Selain itu didukung juga oleh teknologi saat ini yang segalanya berbasis internet yang mendorong guru untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif. Faktor penghambatnya adalah terbatasnya sumber daya yang dimiliki siswa serta kurangnya pemahaman siswa dalam instruksi cara pengumpulan tugas yang benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265582

Actions (login required)

View Item View Item