Hubungan pemahaman bacaan dengan keterampilan berkomunikasi melalui diskusi / Farah Hani Thalib - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pemahaman bacaan dengan keterampilan berkomunikasi melalui diskusi / Farah Hani Thalib

Thalib, Farah Hani (2022) Hubungan pemahaman bacaan dengan keterampilan berkomunikasi melalui diskusi / Farah Hani Thalib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa seharusnya memiliki tingkat pemahaman bacaan yang sangat baik sebagai bekal untuk mendapatkan ilmu -ilmu baru. Keterampilan berkomunikasi juga tidak kalah pentingnya untuk bisa dimiliki oleh siswa. Karena dengan keterampilan berkomunikasi siswa bisa menyampaikan apa yang ada dalam gagasannya. Dengan bekal pemahaman bacaan yang baik keterampilan berkomunikasi yang tinggi diharapkan dapat menjadi bekal untuk pelaksanaan diskusi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pemahaman bacaan dengan keterampilan berkomunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu purposive sampling dengan responden yang terlibat 27 siswa dari kelas VII-B di SMP Wahid Hasyim Malang. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes pemahaman bacaan dan instrumen lembar observasi keterampilan berkomunikasi yang sudah tervalidasi. Analisis data secara deskriptif menggunakan teknik persentase dan analisis korelasi menggunakan Teknik product moment dari Pearson Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa data menunjukkan tidak adanya korelasi signifikan negatif antara pemahaman bacaan dan keterampilan berkomunikasi sebesar r -0 1937 dengan p 0 381 0 05. Menyatakan tingkat pemahaman bacaan termasuk dalam kategori baik sekali sedangkan keterampilan berkomunikasi termasuk dalam kategori cukup sehingga bisa diartikan ketika pemahaman bacaan siswa baik sekali maka tidak ada hubungannya dengan kemampuan berkomunikasi siswa sangat baik. Akan tetapi kemampuan pemahaman bacaan dan keterampilan berkomunikasi siswa perlu ditingkatkan untuk kemampuan diri yang lebih baik lagi. Yang artinya masing masing variabel akan membantu siswa dalam proses pembelajaran tanpa adanya keterkaitan antar variabel tersebut. Pemahaman terhadap bacaan perlu ditingkatkan upaya melatih memahami setiap bacaan yang ada dan percaya bahwa dirinya mampu memahami suatu teks bacaan. Keterampilan berkomunikasi juga perlu ditingkatkan agar dapat mendukung kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Tingkat keterampilan berkomunikasi yang sangat baik akan memudahkan untuk penyampaian gagasan atau ide yang siswa miliki. Pengembangan ide penelitian selanjutnya supaya menggali faktor yang mempengaruhi cara atau pola keterampilan berkomunikasi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265576

Actions (login required)

View Item View Item