Kendala pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MI Bustanul Ulum Kota Batu / Yunus Muhamad Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kendala pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MI Bustanul Ulum Kota Batu / Yunus Muhamad Gunawan

Gunawan, Yunus Muhamad (2022) Kendala pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 di MI Bustanul Ulum Kota Batu / Yunus Muhamad Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran pada tingkat sekolah dasar yang ada di Indonesia menggunakan model pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan integrasi dari sejumlah mata pelajaran yang dikaitkan ke satu tema agar peserta didik dapat memiliki pengalaman yang bermakna. Pembelajaran tematik Kurikulum 2013 pada saat ini telah diimplementasikan di hampir seluruh sekolah dasar yang ada di Indonesia akan tetapi dalam pengimplementasiannya masih dijumpai berbagai kendala yang silih berganti yang mengakibatkan pembelajaran tematik tidak dapat diterapkan secara efektif. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Bustanul Ulum Kota Batu (2) mengetahui kendala yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran tematik integrative di MI Bustanul Ulum Kota Batu (3) mengetahui solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menanggulangi kendala dalam pembelajaran tematik di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Untuk dapat mencapai tiga tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Data dari penelitian didapatkan memakai metode observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa MI Bustanul Ulum Kota Batu telah melaksanakan pembelajaran tematik secara maksimal akan tetapi masih memiliki kendala dalam pelaksanaanya yakni (1) kendala pengaturan kelas yang kurang maksimal (2) kendala penguasaan beberapa kompetensi yang masih perlu diasah dan dikembangkan dimiliki oleh pendidik (3) kendala kompetensi peserta didik yang kurang dalam membaca dan menulis (4) kendala metode yang digunakan (5) kendala terkait dengan sarpras yang masih belum terpenuhi dan (6) kendala orang tua peserta didik. Solusi yang ditempuh oleh pihak sekolah terkait dengan kendala yang ada adalah melakukan pengaturan kelas sesuai dengan kebutuhan pendidik diikutkan kedalam pelatihan ndash pelatihan dan KKG guru memberikan waktu lebih kepada peserta didik yang kurang kemampuannya dalam membaca dan menulis untuk belajar secara private dengan pendidik memberikan arahan kepada pendidik agar menggunakan metode yang aktif pada saat pembelajaran bekerjasama dengan wali murid untuk memenuhi sarana dan prasarana dan memberikan sosialisasi kepada wali murid terkait pembelajaran tematik. Batasan penelitian terbatas kepada pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IV di Mi Bustanul Ulum Kota Batu dan kendala yang dihadapi oleh pendidik maupun peserta didik serta solusi yang dilakukan pihak sekolah terkait dengan kendala pelaksanaan pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265569

Actions (login required)

View Item View Item