Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Malang / Ancilla Adjeng Evaristiayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Malang / Ancilla Adjeng Evaristiayu

Evaristiayu, Ancilla Adjeng (2022) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Malang / Ancilla Adjeng Evaristiayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap siswa memiliki karakteristik keunikan dan kebutuhannya masing-masing dalam belajar termasuk para siswa di SMP Negeri 4 Malang. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk dapat memfasilitasi kebutuhan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pelaksanaan kendala dan solusi serta dampak implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) kepada subjek penelitian yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum guru mata pelajaran dan siswa SMP Negeri 4 Malang. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Malang diawali dengan proses perencanaan yaitu pelaksanaan tes diagnostik untuk memetakan bakat dan minat siswa pembuatan RPP diferensiasi dan pembuatan media pembelajaran. Proses pelaksanaannya dilakukan dengan cara mendiferensiasikan konten proses produk dan lingkungan belajar berdasarkan pada tingkat kesiapan minat dan profil belajar siswa. Proses evaluasinya dilaksanakan dengan menggunakan standar yang berbeda untuk setiap tingkat kemampuan siswa. Kendala yang terjadi antara lain miskonsepsi dan kurangnya pemahaman guru penerapan yang masih salah kesulitan guru dalam proses adaptasi dan bertambahnya kesibukan guru. Dampak dari implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Malang adalah meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265566

Actions (login required)

View Item View Item