Pengembangan media animasi stop motion materi persamaan reaksi kimia sederhana Kelas X di SMAN 1 Dringu / Rahmadi Yuliano - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media animasi stop motion materi persamaan reaksi kimia sederhana Kelas X di SMAN 1 Dringu / Rahmadi Yuliano

Yuliano, Rahmadi (2022) Pengembangan media animasi stop motion materi persamaan reaksi kimia sederhana Kelas X di SMAN 1 Dringu / Rahmadi Yuliano. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kimia merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang materi perubahan materi interaksi antar materi serta energi yang menyertai perubahan materi. Kebanyakan orang pada umumnya mengatakan kimia sebagai yang sangat abstrak. Hal ini disebabkan karena kimia tidak hanya mempelajari materi yang kasat mata (makroskopik) tapi juga mempelajari materi yang tak kasat mata (mikroskopik). Akibatnya kimia menjadi ilmu yang sulit dipahami oleh peserta didik. Jika tidak didukung dengan media pembelajaran yang tepat akan menurunkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan media animasi stop motion yang layak dan efektif yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dalam materi persamaan reaksi kimia sederhana. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitan dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan dari Sadiman. Tahapan pada model pengembangan yaitu (1) Identifikasi Materi (2) Merumuskan Tujuan Instruksional (3) Merumuskan Butir-butir Materi (4) Perumusan Alat Pengukur Keberhasilan (5) Penulisan Naskah Media (6) Penulisan Skrip dan (7) Uji Coba. Subjek Penelitian dalam validasi yaitu siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Dringu di Kabupaten Probolinggo yang mengikuti pelajaran Kimia dengan materi Persamaan Reaksi Kimia Sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan validasi terhadap kualitas teknis pemanfaatan dan hasil belajar diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 99% hasil validasi ahli media 98% dan hasil evaluasi uji coba lapangan sebesar 80%. Berdasarkan kriteria kelayakan maka keseluruhan dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran animasi stop motion termasuk dalam kategori valid atau layak untuk digunakan dalam media pembelajaran. Hasil belajar yang dari data pre-test dan post-test. Dari data tersebut terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada rata-rata nilai pre-test dan post-test. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hasil peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Saran yang diberikan oleh guru mata pelajaran kimia SMAN 1 Dringu Kabupaten Probolinggo pada media pembelajaran animasi stop motion adalah ada beberapa bagian audio dalam media pembelajaran animasi stop motion yang kurang jelas alangkah lebih baik jika audio tersebut diperbaiki. Bagi pengembang selanjutnya agar bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 02:34
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265563

Actions (login required)

View Item View Item