Penerapan sistem kredit semester (SKS) di SMP Negeri 30 Malang tahun ajaran 2021/2022 / Annisa Setyo Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan sistem kredit semester (SKS) di SMP Negeri 30 Malang tahun ajaran 2021/2022 / Annisa Setyo Pratiwi

Pratiwi, Annisa Setyo (2022) Penerapan sistem kredit semester (SKS) di SMP Negeri 30 Malang tahun ajaran 2021/2022 / Annisa Setyo Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem kredit semester merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mewadahi minat bakat dan kemampuan belajar siswa. Di Kota Malang baru ada 3 SMP yang menerapkan SKS sehingga penelitian mengenai SKS pada jenjang SMP di Kota Malang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program tentang struktur kurikulum yang digunakan pelaksanaan dalam pembelajaran evaluasi dan kendala selama penerapan SKS. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksploratif dengan pendekatan kualitatif deskriptif karena mendeksripsikan dan mengeksplorasi penerapan program SKS. Sumber datanya adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum guru kelas reguler guru kelas 2 tahun lulus siswa kelas reguler dan siswa kelas 2 tahun lulus. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Struktur kurikulum yang digunakan yaitu struktur kurikulum 2013 sesuai dengan Panduan SKS 2) Pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar seperti biasa. Tidak ada perubahan dalam metode dan media pembelajaran yang digunakan 3) Terdapat 2 macam evaluasi yaitu evaluasi program dan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran yang digunakan masih sama dilaksanakan tiap semester sedangkan evaluasi program dilaksanakan tiap bulan bersama dengan Dinas 4) Tidak ada kendala yang berarti dalam penerapan SKS tetapi pada saat awal penerapan terdapat kendala tentang pemahaman orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265560

Actions (login required)

View Item View Item