Pengembangan obyek tiga dimensi digital artefak memanfaatkan piramida hologram untuk SMP / Fahrizal Antovian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan obyek tiga dimensi digital artefak memanfaatkan piramida hologram untuk SMP / Fahrizal Antovian

Antovian, Fahrizal (2022) Pengembangan obyek tiga dimensi digital artefak memanfaatkan piramida hologram untuk SMP / Fahrizal Antovian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang Pendidikan memberikan inovasi baru dalam rangka tercapainya tujuan pembelajaran sehingga hasil belajar dapat dicapai dengan optimal. Dalam membawa media ke kelas terdapat berbagai kendala yang akan dihadapi seperti media mudah rusak ukurannya terlalu kecil atau besar terlalu mahal dan kendala lainnya. Tujuan dari pengembangan ini untuk mengembangkan media obyek tiga dimensi digital artefak memanfaatkan piramida hologram. Media obyek tiga dimensi digital ini dirasa bisa menjadi solusi untuk kendala membawa media ke dalam kelas. Selain itu obyek tiga dimensi digital ini mempunyai keistimewaan yaitu dapat dilihat dari berbagai arah agar pebelajar mendapat pengalaman secara langsung dalam proses belajar di kelas. Metode penelitian ini menggunakan Multimedia-Based Instructional Design. Model pengembangan yang bersifat prosedur dan terperinci dalam setiap langkahnya. Dalam model ini ada enam langkah yang harus dilakukan dalam mengembangkan produk yaitu (1) asesmen kebutuhan (2) analisi awal-akhir (3) desain (4) pengembangan (5) implementasi dan (6) evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7 di Smp Islam Diponegoro Wagir. Tahap uji kelayakan produk oleh ahli materi menghasilkan nilai rata-rata 3 66 dari keseluruhan aspek yang diharapkan sebesar 4 00. Sedangkan hasil dari uji kelayakan produk ahli media rata-rata jawaban 3 7 dari keseluruhan aspek yang diharapkan sebesar 4 00. Hasil uji kelayakan produk menunjukkan bahwa produk objek 3D hologram layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265542

Actions (login required)

View Item View Item