Pengembangan media video pembelajaran materi letak geografis dan letak Astronomis Indonesia berbantuan media sosial / Vanya Rizqi Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran materi letak geografis dan letak Astronomis Indonesia berbantuan media sosial / Vanya Rizqi Wardhani

Wardhani, Vanya Rizqi (2022) Pengembangan media video pembelajaran materi letak geografis dan letak Astronomis Indonesia berbantuan media sosial / Vanya Rizqi Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardhani Vanya. 2022. Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Letak Geografis Dan Letak Astronomis Indonesia Berbantuan Media Sosial. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sulton M.Pd. (II) Dr. Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata Kunci video video tik-tok media pembelajaran letak geografis dan letak astronomis Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video tiktok materi letak geografis dan letak astronomis Indonesia untuk siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang. Penerapan media video tiktok ini sebagai tambahan dalam pembelajaran Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia yang dapat digunakan dimanfaatkan oleh siswa sebagai tambahan pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode Sadiman dkk 2010. Pada penelitian dan pengembangan Sadiman 2010 meliputi 9 tahap pengembangan yaitu (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) merumuskan tujuan instruksional (3) merumuskan materi secara terperinci (4) mengembangkan alat pengukur keberhasikan (5) menulis naskah media (6) produksi (7) mengadakan validasi ahli media dan ahli materi (8) revisi (9) produk siap dimanfaatkan. Validasi dilakukan kepada ahli media dan ahli materi dengan menggunakan instrumen angket. Sedangkan uji coba lapangan penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 20 siswa di SMPN 4 Malang. Uji coba lapangan yang dilakukan kepada siswa untuk melihat efektivitas produk dan hasil belajar siswa. Hasil dari validasi ahli media mendapatkan presentase sebesar 97% dan ahli materi sebesar 97%. Sedangkan hasil uji coba siswa menunjukkan hasil sebesar 85%. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan mendapatkan respon yang positif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa belajar dengan tuntas setelah menggunakan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265541

Actions (login required)

View Item View Item