Pengembangan virtual laboratory pada materi perubahan wujud benda kelas v SD / Shyela Regita Nooryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan virtual laboratory pada materi perubahan wujud benda kelas v SD / Shyela Regita Nooryanti

Nooryanti, Shyela Regita (2022) Pengembangan virtual laboratory pada materi perubahan wujud benda kelas v SD / Shyela Regita Nooryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Virtual laboratory merupakan salah satu bentuk aktivitas praktikum yang dilakukan secara virtual melalui sebuah perangkat lunak. Peneliti memiliki tujuan menghasilkan produk berupa virtual laboratory untuk memfasilitasi kegiatan praktikum secara virtual sebagai sumber belajar mandiri materi perubahan wujud benda kelas 5 Sekolah Dasar. Berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan di SDI Wahid Hayim ditemukan bahwa tidak tersedia sumber belajar yang layak untuk memfasilitasi kegiatan praktikum secara mandiri. Metode dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck dengan 3 tahap terdiri atas tahap penilaian kebutuhan tahap desain dan tahap pengembangan dan implementasi. Review produk telah diuji cobakan kepada ahli materi dan ahli media dengan hasil produk virtual laboratory valid dan layak untuk dipergunakan. Uji coba produk dilakukan pada 21 siswa kelas V SD Islam Wahid Hasyim Kota Malang dengan presentase 90% siswa menyatakan virtual laboratory materi perubahan wujud benda menarik untuk digunakan. Secara praktis media virtual laboratory yang telah dikembangkan terbukti valid dan layak untuk memfasilitasi pembelajaran praktikum materi perubahan wujud benda kelas 5 SD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265540

Actions (login required)

View Item View Item