Pengaruh screencast presentasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dalam jaringan / Ricky Deno Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh screencast presentasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dalam jaringan / Ricky Deno Setiawan

Setiawan, Ricky Deno (2022) Pengaruh screencast presentasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran dalam jaringan / Ricky Deno Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini kegiatan yang mulanya dikerjakan dengan pertemuan tatap muka atau face to face kini dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) komunikasi akan tetap berjalan antara komunikator dan komunikan tanpa bertemu secara langsung tak dipungkiri seluruh kegiatan sosial beradaptasi akibat wabah covid-19 yang berjangkit rata berbarengan diberbagai daerah dengan geografi yang luas mengharuskan membatasi pertemuan tatap muka secara langsung agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus semua lini baik bidang ekonomi bidang kesehatan dan lain sebagainya pun terkena dampaknya tak terkecuali bidang pendidikan. Kurang efektifnya pembelajaran daring pada masa pandemi berdampak terhadap hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media pembelajaran yakni screencast presentasi pada pembelajaran daring serta menguji adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan screencast presentasi dan yang tidak menggunakan screencast presentasi pada mata pelajaran Biologi materi Kingdom Plantae sub materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) kelas X MIPA Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rejoso . Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen Posttest Only Control Group Design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing diberikan posttest. Dari hasil pengolahan data menunjukkan perhitungan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 83 20 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 50 90. Kesimpulannya bahwa terdapat hasil belajar daring siswa antara kelas yang menggunakan screencast presentasi dengan kelas yang tidak menggunakan screencast presentasi. Hasil belajar siswa yang menggunakan screencast presentasi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan screencast presentasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265538

Actions (login required)

View Item View Item