Identifikasi jenis-jenis reptilia dari awetan basah koleksi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang / Fury Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi jenis-jenis reptilia dari awetan basah koleksi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang / Fury Fauziah

Fauziah, Fury (2013) Identifikasi jenis-jenis reptilia dari awetan basah koleksi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang / Fury Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fauziah Fury. 2013. Identifikasi Jenis-jenis Reptilia dari Awetan Basah Koleksi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si dan (II) Drs. Masjhudi M.Pd Kata kunci Identifikasi Reptilia Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang memiliki banyak koleksi spesimen baik tumbuhan maupun hewan berupa awetan basah dan awetan kering. Koleksi spesimen hewan yang dimiliki Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang salah satunya adalah awetan basah Reptilia yang sebagian besar belum teridentifikasi. Pengidentifikasian diperlukan agar spesimen dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran reptilia secara langsung. Spesimen yang diketahui data morfologi dan nama spesies diharapkan akan lebih mudah dipelajari. Pengamatan morfologi pada spesimen reptilia bertujuan untuk informasi mengenai ciri morfologi dan kedudukan taksonomi spesies Reptilia yang dijadikan koleksi awetan basah di Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Pengidentifikasian dengan cara pengamatan morfologi dari spesimen. Pengamatan morfologi berupa pengamatan ciri meristik yaitu dengan mengamati susunan sisik reptilia pada bagian kepala tubuh serta ekor dan pengamatan ciri morfometrik yaitu dengan cara mengukur panjang tubuh reptilia. Pengamatan dilakukan dalam di lemari asam dalam ruang 101 gedung Biologi Universitas Negeri Malang pada bulan Maret sampai Mei 2013. Setiap spesimen yang diamati difoto untuk didokumentasikan dan setelahnya dibuat sketsa. Hasil dari pegamatan dianalisis secara deskriptif. Hasil identifikasi terhadap beberapa koleksi awetan basah adalah ordo Testudinata dan ordo Squamata. Testudinata terdiri dari satu family yaitu Geomidydae (1 spesies). Pada ordo Squmata terdapat dua subordo subordo Ophidia yang terdiri dari family Colubridae (5 spesies) Elapidae (1 spesies) dan Viperidae (1 spesies) serta subordo Lacertilia yang terdiri dari family Agamidae (2 spesies) Gekkonidae (1 spesies) dan Varanidae (1 spesies).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26547

Actions (login required)

View Item View Item