Analisis dan uji stabilitas ekstrak mahkota bunga dadap merah (Eritrina crista-galli L.) / Jauharus Sholikhin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis dan uji stabilitas ekstrak mahkota bunga dadap merah (Eritrina crista-galli L.) / Jauharus Sholikhin

Sholikhin, Jauharus (2013) Analisis dan uji stabilitas ekstrak mahkota bunga dadap merah (Eritrina crista-galli L.) / Jauharus Sholikhin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sholikhin Jauharus. 2013. Analisis dan Uji Stabilitas Ekstrak Mahkota Bunga Dadap Merah (Eritrina crista-galli L.). Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Betty Lukiati M.S. (II) Balqis S.Pd M.Si. Kata Kunci Pigmen merah stabilitas pigmen mahkota bunga dadap merah Mahkota bunga dadap merah mempunyai pigmen warna merah yang diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu bahan pewarna alami pengganti pewarna sintetik untuk makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan pigmen merah pigmen yang dominan dan stabilitas pigmen yang dominan pada mahkota bunga dadap merah. Pada penelitian ini untuk mengetahui kandungan pigmen dengan mengggunakan kromatografi kertas sedangkan untuk jenis pigmen yang dominan dilakukan dengan menggunakan spektofotrometrik pada 955 480 nm 645 nm 663 nm dan 510 nm. Stabilitas pigmen dilakukan dengan melihat pengaruh oksidator H2O2 sinar matahari pH cahaya lampu dan suhu terhadap perubahan warna dan kadar pigmen yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan jenis pigmen yang terkandung dalam ekstrak mahkota bunga dadap merah adalah pigmen delfinidin dengan kadar 12338 62 mg/L dan 945 -karoten dengan kadar 19 52mg/L. Berdasarkan kadarnya menunjukkan bahwa pigmen yang dominan pada mahkota bunga dadap merah adalah delfinidin. Hasil uji stabilitas pigmen menunjukkan bahwa pigmen delfinidin pada mahkota bunga dadap merah menjadi tidak stabil karena pengaruh oksidator H2O2 sinar matahari pH cahaya lampu dan suhu berdasarkan perubahan kadar dan warna yang tampak dari ekstrak mahkota bunga dadap merah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26545

Actions (login required)

View Item View Item