Pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan pendekatan contextual teaching and learning terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Khairul Yaum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan pendekatan contextual teaching and learning terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Khairul Yaum

Yaum, Khairul (2013) Pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan pendekatan contextual teaching and learning terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang / Khairul Yaum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yaum Khairul. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S. (II) Hendra Susanto S.Pd. M.Kes. Kata Kunci two stay two stray contextual teaching and learning motivasi belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMA Negeri 1 Tumpang menunjukkan pembelajaran yang dilakukan sudah beragam diantaranya adalah ceramah diskusi dan praktikum namun hal tersebut kurang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Wawancara yang dilakukan dengan beberapa siswa menunjukkan bahwa siswa merasa bosan karena menjadi pasif dan kurang termotivasi untuk belajar dengan penggunaan power point berbantuan komputer dan LCD secara terus menerus. Kurangnya motivasi belajar siswa dilihat dari beberapa siswa yang bermain handphone mengobrol menggambar bahkan mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil belajar yang rendah ditunjukkan dari nilai ujian tengah semester (UTS) mata pelajaran Biologi dimana 75% siswa tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan rata-rata nilai 68. Berdasarkan hal tersebut perlu pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan pendekatan contextual teaching and learning untuk meningkatkan motivasi dan hasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang tahun ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-3 yang digunakan sebagai kelas kontrol dengan jumah 33 siswa dan kelas X-6 yang digunakan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental design dengan rancangan penelitian berupa pretest posttest non-equivalent control group design. Data penelitian yang diperoleh berupa data motivasi dan hasil belajar. Data motivasi belajar diperoleh dari lembar motivasi belajar sedangkan data hasil belajar diperoleh berdasarkan hasil pretest dan posttest. Kedua data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis statistik anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan pendekatan contextual teaching and learning berpengaruh meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada kelas X-6 SMA Negeri 1 Tumpang dengan nilai probabilitas masing-masing 0 000 0 05. Model pembelajaran kooperatif two stay two stray dengan pendekatan contextual teaching and learning terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga dapat dijadikan alternatif pembelajaran biologi di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26543

Actions (login required)

View Item View Item