Isolasi gen Lycopene Beta Cyclase (LCYB) dari daun bit (Beta vulgaris L.) / Yulius Dedy Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi gen Lycopene Beta Cyclase (LCYB) dari daun bit (Beta vulgaris L.) / Yulius Dedy Irawan

Irawan, Yulius Dedy (2013) Isolasi gen Lycopene Beta Cyclase (LCYB) dari daun bit (Beta vulgaris L.) / Yulius Dedy Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irawan Yulius Dedy. 2013. Isolasi Gen Lycopene Beta Cyclase (LCYB) dari daun Bit (Beta vulgaris L.). Skripsi. Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Dahlia M.S (II) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc. Kata Kunci Isolasi gen gen Lycopen Beta Cyclase (LCYB) Beta vulgaris L. Defisiensi vitamin A meningkatkan jumlah pengidap rabun senja yang berdampak kebutaan sehingga dibutuhkan penelitian mengenai pemuliaan tanaman penghasil provitamin A. Karotenoid merupakan komponen penting dalam diet manusia sebagai prekursor dalam biosintesis vitamin A. Bit (Beta vulgaris L.) merupakan tanaman yang mengandung karotenoid. Rekayasa genetik dapat mempengaruhi ekspresi gen pengkode karotenoid sehingga berdampak pada kadar pigmen karoten salah satunya 946 -karoten yang diekspresikan oleh gen Lycopene Beta Cyclase (LCYB). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sekuen gen LCYB dari daun Beta vulgaris L. Gen LCYB diisolasi dari daun bit menggunakan metode amplifikasi Polymerase Chain Reaction (PCR). Primer yang digunakan disusun menggunakan software Pick Primer berdasarkan daerah conserve pada Taraxacum officinale (accession no. AB247456.1) dan Lilium lancifolium (accession no. GU471230.1). Primer yang digunakan yaitu forward (5 -TGTCGTGGTGGATCTTGTGG-3 ) dan reverse (5 -ACACCTGTTGAGCG -ACAGAC-3 ). Sekuen yang diperoleh dianalisis menggunakan program DNA Baser untuk memperoleh consensus sequence BLAST Online untuk meng-konfirmasi gen target dan ClustalX untuk menyejajarkan dengan sekuen gen referensi. Dari hasil penelitian ini belum diperoleh sekuen gen target. Ketidakberhasilan ini diduga karena salah pemilihan primer berdasarkan software Pick Primer. Penelitian ulang perlu dilakukan dengan rancangan primer yang lebih spesifik yaitu berasal dari tumbuhan yang berkerabat lebih dekat dengan Beta vulgaris L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item View Item