Perbedaan psychological well-being mahasiswi dari ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja / Alphyra Bernadine Charissa P. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan psychological well-being mahasiswi dari ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja / Alphyra Bernadine Charissa P.

Parhansjah, Alphyra Bernadine Charissa Putri (2022) Perbedaan psychological well-being mahasiswi dari ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja / Alphyra Bernadine Charissa P. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja merupakan masa dimana anak-anak beralih menjadi dewasa. Masa remaja merupakan salah satu masa yang penting bagi individu karena pada masa tersebut akan terjadi berbagai perubahan baik dari segi fisik moral sosial dan perubahan kepribadian. Perubahan-perubahan tersebut yang harus diperhatikan oleh orang tua sebagai sosok yang paling dekat dengan seorang anak. Seorang anak perempuan yang memasuki masa remaja memasuki masa dimana keputusan yang akan diambilnya berkaitan dengan orang tua khususnya seorang ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara psychological well-being mahasiswi pada umur remaja akhir dari ibu yang bekerja dengan ibu yang tidak bekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017 sampai 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 100 mahasiswi dengan sebaran 50 memiliki ibu yang bekerja dan 50 memiliki ibu yang tidak bekerja. Pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket yang terdiri dari satu skala yaitu skala psychological well-being yang berisikan 34 butir aitem. Peneliti menggunakan skala psychological well-being yang diadaptasi dari penelitian Nur Eva dkk. (2020) dengan validitas 0 321- 0 646 dan reliabilitas sebesar 0 75. Analisis data pada penelitian ini untuk menguji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dan menghasilkan nilai signifikansinya sebesar 0 275 (p gt 0 05) yang mengartikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara psychological well-being mahasiswi pada umur remaja akhir dari ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya yang akan meneliti mengenai pembahasan psychological well-being pada mahasiswi pada umur remaja akhir dari ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja adalah menambahkan jumlah sampel penelitian agar penelitian dapat mencakup mahasiswi secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265321

Actions (login required)

View Item View Item