Pengaruh persepsi pembelajaran daring terhadap minat belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang / Habib Lazuardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi pembelajaran daring terhadap minat belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang / Habib Lazuardi

Lazuardi, Habib (2022) Pengaruh persepsi pembelajaran daring terhadap minat belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang / Habib Lazuardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurangnya kesiapan serta kesediaan mahasiswa dalam menerima perubahan kondisi pembelajaran memberikan dampak terhadap minat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara persepsi pembelajaran daring terhadap minat belajar pada mahasiswa Fakultas psikologi Universitas Negeri Malang angkatan 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan analisis regresi linier sederhana alat ukur yang digunakan berupa skala adaptasi instrumen yang digunakan adalah persepsi pembelajaran daring dan learning interest attitude scale dengan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 60 mahasiswa sebagai uji coba tidak terpakai demi mengetahui nilai validitas dan reliabilitas pada instrumen. 20 item variabel persepsi pembelajaran daring dinyatakan valid dengan nilai sebesar 0 328-0 555 sedangkan 15 dari 20 item pada minat belajar dinyatakan valid dengan nilai sebesar 0 117-0 662. Nilai koefisien reliabilitas variabel persepsi pembelajaran daring sebesar 0 771 sedangkan reliabilitas pada minat belajar sebesar 0 693. Hasil uji hipotesis dari 40 responden diketahui bahwa nilai signifikansi 0 000 lt 0 05 dengan nilai r sebesar 0 633 sehingga hipotesis penelitian diterima. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (r square) sebesar 0 400. Pengaruh persepsi pembelajaran daring terhadap minat belajar adalah sebesar 40%. Mayoritas mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang pada angkatan 2019-2020 memiliki persepsi negatif terkait pembelajaran daring serta minat belajar namun terdapat pengaruh signifikansi antara variabel persepsi pembelajaran daring dengan minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265291

Actions (login required)

View Item View Item