Hubungan antara keberfungsian keluarga dan subjective well-being pada remaja di Kota Malang / Silvani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara keberfungsian keluarga dan subjective well-being pada remaja di Kota Malang / Silvani

Silvani (2022) Hubungan antara keberfungsian keluarga dan subjective well-being pada remaja di Kota Malang / Silvani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan tahapan peralihan perubahan yang terjadi pada remaja dapat berdampak pada subjective well-being remaja. Penelitian terdahulu yang meneliti mengenai subjective well-being remaja menghubungkan SWB dengan variabel lain seperti dukungan sosial prestasi belajar dan self-compassion. Penelitian yang menghubungkan variabel keberfungsian keluarga dan subjective well-being remaja masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel keberfungsian keluarga dan subjective well-being remaja di Kota Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja di Kota Malang yang berjumlah 152 orang. Variabel subjective well-being diukur dengan menggunakan adaptasi dari Satisfaction with Life Scale dengan nilai validitas yang bergerak dari 0 505-0 694 dan alpha 0 816 dan Positive and Negative Affect Scale dengan nilai validitas pada afek positif bergerak dari 0 373-0 571 dan alpha 0 659 dan nilai validitas pada afek negatif bergerak dari 0 395-0 804 dan alpha 0 804. Variabel keberfungsian keluarga diukur dengan menggunakan adaptasi dari Family Assessment Device dengan nilai validitas bergerak dari 0 368-0 863 dan alpha 0 864. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koefisien korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara keberfungsian keluarga dengan subjective well-being remaja dengan hasil korelasi yaitu pada kepuasan hidup (r 0 037 sig. gt 0 05) afek positif (r 0 073 sig. gt 0 05) dan afek negatif (r -0 40 sig gt 0 05). Tidak diperolehnya bukti adanya hubungan antara keberfungsian keluarga dan SWB kemungkinan disebabkan oleh kondisi pandemi COVID-19 atau karena response bias yang terjadi pada remaja. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti hal serupa dapat dilakukan setelah pandemi berakhir atau menambahkan variabel lain yang mungkin mempengaruhi subjective well-being.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265286

Actions (login required)

View Item View Item