Perbedaan loneliness berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa rantau / Kristanti Katerina Sitompul - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan loneliness berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa rantau / Kristanti Katerina Sitompul

Sitompul, Kristanti Katerina (2022) Perbedaan loneliness berdasarkan jenis kelamin pada mahasiswa rantau / Kristanti Katerina Sitompul. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan loneliness antara perempuan dan laki-laki pada mahasiswa rantau di Universitas Negeri Malang yang tidak diketahui pasti jumlahnya. Penelitian ini penting dilakukan untuk menjadi perhatian terhadap individu mengenai loneliness yang dialami mahasiswa rantau perempuan dan laki-laki dan memberi perlakuan yang membantu mahasiswa rantau perempuan dan laki- laki dalam menajalani aktivitasnya sesuai dengan tingkat loneliness masing-masing. Loneliness merupakan perasaan kesepian yang dialami individiu karena persepsinya mengenai hubungan karena lingkungan sosial dan ada di sekitarnya. Loneliness yang dialami oleh mahasiswa rantau karena lingkungan sosial dan di tempat tinggal baru yang berbeda dari tempat tinggal asal. Laki-laki dan perempuan berbeda dalam mengalami loneliness. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan UCLA Loneliness Scale Rusell (1996) yang telah dipakai oleh Putri (2019) berjunlah 20 aitem. Aitem dalam skala ini berjumlah 20 aitem. Hasil uji validitas menunjukkan 3 aitem tidak valid alat ukur dinyatakan reliabel dengan nilai Cronbach rsquo s Alpha sebesar 0 891. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Perbedaan loneliness diperoleh dengan menganalisis data menggunakan independent samples t test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan loneliness antara mahasiswa rantau perempuan dan laki-laki di Universitas Negeri Malang dengan nilai t yaitu 8 248. Disarankan kepada individu untuk membangun relasi yang berkualitas dan memahami kebutuhan sosial antara laki- laki dan perempuan. Kepada peneliti selanjutnya dapat meneliti dengan aspek loneliness lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265280

Actions (login required)

View Item View Item