Studi kasus (parental adjustment) pada ibu yang menikah usia dini di Desa Gunung Besar / Sophia Erlinda - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus (parental adjustment) pada ibu yang menikah usia dini di Desa Gunung Besar / Sophia Erlinda

Erlinda, Sophia (2022) Studi kasus (parental adjustment) pada ibu yang menikah usia dini di Desa Gunung Besar / Sophia Erlinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap orang tua tentu mengalami penyesuaian pengasuhan tidak terlepas pada ibu yang menikah usia dini dalam hal ini disebut penyesuaian orang tua (Parental adjustment). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika penyesuaian pengasuhan orang tua yang dialami oleh ibu yang menikah usia dini yang bertempat di Desa Gunung Besar Kalimantan Selatan. Penyesuaian orang tua adalah strategi pemberian pengasuhan terbaik yang didasarkan pada pengalaman dan pemahaman sehingga terciptanya interaksi yang positif antara ibu dan anak. Penyesuaian orang tua memiliki tiga aspek diantaranya parenting self-efficacy stres pengasuhan dan kepuasan dalam peran pengasuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semiterstruktur dengan mengacu pada tiga aspek penyesuaian orang tua. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang ibu yang menikah usia dini di Desa Gunung Besar Kalimantan Selatan Dari wawancara yang telah dilakukan pada tiga ibu yang menikah usia dini diketahui bahwa partisipan telah mampu melakukan penyesuaian orang tua dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa partisipan penelitian telah mampu memenuhi aspek-aspek didalam penyesuaian orang tua. Meskipun demikian karakteristik partisipan dalam penelitian ini memunculkan penyesuaian yang berbeda-beda antar partisipan lainnya. Dalam penerapan penyesuaian orang tua terdapat faktor diluar diri partisipan yang mempengaruhi penyesuaian oarang tua yaitu partisipan AS dan LF masih tinggal bersama orang tua atau mertua mereka sehingga walaupun menikah di usia muda dalam memenuhi penyesuain orang tua akan lebih baik jika ada peranan dari orang tua atau mertua sedangkan partisipan SZ tinggal dirumah sendiri namun pekerjaan suami sudah stabil oleh sebab itu kestabilan pekerjaan pada suami dalam mencari nafkah juga mempengaruhi penyesuaian pengasuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265273

Actions (login required)

View Item View Item