Hubungan mental toughness dan prestasi olahraga pada atlet di Kota Malang / Maudy Awanda Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan mental toughness dan prestasi olahraga pada atlet di Kota Malang / Maudy Awanda Saputri

Saputri, Maudy Awanda (2022) Hubungan mental toughness dan prestasi olahraga pada atlet di Kota Malang / Maudy Awanda Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mental toughness memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan atlet untuk mencapai prestasi olahraga. Tujuan riset ini untuk mengetahui hubungan antara mental toughness dan prestasi olahraga atlet di Kota Malang. Riset ini memakai metode korelasional. Teknik megambil sampel memakai Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan skala yang dikembangkan oleh Sheard (2009) yaitu Sport Mental Toughness Questionnaire (SMTQ) dengan 14 item pernyataan dan tes prestasi olahraga dilakukan dengan pencatatan hasil pertandingan peringkat satu dua dan tiga pada kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur VI 2019. Uji coba instrument dilakukan pada 43 orang hasil validitas instrument sebesar 0.371-0.735 dan reliabilitas intrumen sebesar 0.697. Riset ini menggunakan subjek sebanyak 124 atlet dari berbagai cabang olahraga. Teknik analisa data memakai uji non-parametrik Spearman Rank teknik analisa ini digunakan karena asumsi parametrik tidak terpenuhi seperti berdistribusi tidak normal. Hasil riset ini menyimpulkan adanya korelasi yang siginifikan dan positif diantara mental toughness dan prestasi olahraga pada atlet di Kota Malang dengan koefisiensi sebesar 0.858 yang artinya tingkat kekuatan korelasinya sangat kuat. Disarankan kepada atlet dan pelatih agar lebih memperhatikan aspek psikologis mulai dari latihan hingga pasca pertandingan untuk mendapat hasil yang maksimal dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan kajian lebih mendalam untuk menyempurnakan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265272

Actions (login required)

View Item View Item