Hubungan pola asuh demokratis dan kepercayaan diri pada siswa di SMAN 3 Lamongan / Agung Kurniawan Rahadin - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh demokratis dan kepercayaan diri pada siswa di SMAN 3 Lamongan / Agung Kurniawan Rahadin

Rahadin, Agung Kurniawan (2021) Hubungan pola asuh demokratis dan kepercayaan diri pada siswa di SMAN 3 Lamongan / Agung Kurniawan Rahadin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting bagi seseorang termasuk siswa di sekolah dalam tahapan perkembangan menjadi dewasa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri adalah pola asuh orang tua. Ini berarti bahwa sifat dan perilaku remaja dipengaruhi pola asuh dari kedua orang tuanya. Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang disiplin dan memberikan kasih sayang yang seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pola asuh demokratis pada siswa kelas X di SMAN 3 Lamongan deskripsi kepercayaan diri pada siswa kelas X di SMAN 3 Lamongan dan apakah ada hubungan antara pola asuh demokratis dan kepercayaan diri pada siswa kelas X di SMAN 3 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 100 siswa kelas X SMAN 3 Lamongan. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan skala pola asuh demokratis dan skala kepercayaan diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 59% dari sampel penelitian ini memiliki pola asuh demokratis yang tinggi serta sebanyak 48% dari sampel penelitian ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Uji hipotesis menggunakan analisis product moment. Terdapat hubungan positif antara pola asuh demokratis dan kepercayaan diri dengan nilai rxy 0 330 p 0 001 lt 0 05 Dapat disimpulkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMAN 3 Lamongan. Semakin tinggi pola asuh demokratis orang tua maka semakin tinggi kepercayan diri pada remaja. Sebaliknya semakin rendah pola asuh demokratis orang tua maka semakin rendah pula kepercayaan diri pada remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265258

Actions (login required)

View Item View Item