Hubungan antara stres akademik dengan ide bunuh diri pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi / Wanda Solveina - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara stres akademik dengan ide bunuh diri pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi / Wanda Solveina

Solveina, Wanda (2022) Hubungan antara stres akademik dengan ide bunuh diri pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi / Wanda Solveina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan ide bunuh diri pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i aktif berusia 18 hingga 25 tahun yang sedang menyusun skripsi dan pernah memiliki pemikiran bunuh diri. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Analisis property psikometri dalam penelitian ini meliputi uji validitas menggunakan indeks diskriminasi pada skala stes akademik dengan skor total antara 0.294-0.795 dan pada skala ide bunuh diri dengan skor total antara 0.407-0.889. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach rsquo s Alpha pada skala stres akademik sebesar 0.778 dan skala ide bunuh diri sebesar 0.968. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini ada terdapat hubungan positif yang signifikan antara stres akademik dengan ide bunuh diri pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dengan rxy 0.333 p value 0.001 (p lt 0.05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265249

Actions (login required)

View Item View Item