Hubungan antara self esteem dan body image pada remaja putri di Kota Malang / Nur Azmi Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara self esteem dan body image pada remaja putri di Kota Malang / Nur Azmi Maulida

Maulida, Nur Azmi (2022) Hubungan antara self esteem dan body image pada remaja putri di Kota Malang / Nur Azmi Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kedua variabel yaitu variabel self-esteem dan variabel body image dan hubungan antara self-esteem dan body image pada remaja putri di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis korelasional. Populasi yang digunakan di dalam penelitian ini ialah remaja putri di kota Malang dengan jumlah sampel sebesar 104 orang. Instrument atau alat ukur yang digunakan di dalam penelitian ini adalah skala self-esteem dan body image yang disusun oleh peneliti. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala likert. Uji reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach didapatkan nilai koefisien alpha pada skala self-esteem sebesar 0 629 dan skala body image sebesar 0 839. Analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan Pearson rsquo s Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remaja putri di Kota Malang (1) 68 responden (65 4%) memiliki self-esteem dengan kategori sedang (2) 75 responden (72 1%) memiliki body image dengan kategori cukup positif serta (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-esteem dan body image pada remaja putri di Kota Malang dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0 489 dan signifikansi (p) sebesar 0 000 lt 0 05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin tinggi self-esteem maka body image yang dimiliki oleh remaja putri di Kota Malang akan semakin positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265240

Actions (login required)

View Item View Item