Hubungan harga diri dengan perilaku konsumtif pada santri di Pondok Pesantren x Kota Pasuruan / Milatuz Zakiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan harga diri dengan perilaku konsumtif pada santri di Pondok Pesantren x Kota Pasuruan / Milatuz Zakiyah

Zakiyah, Milatuz (2022) Hubungan harga diri dengan perilaku konsumtif pada santri di Pondok Pesantren x Kota Pasuruan / Milatuz Zakiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada santri di pondok pesantren X kota Pasuruan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Adapun kriteria subjek yaitu santri SMA putri pondok pesantren X kelas XI dan XII. Subjek penelitian berjumlah 90 santri yang terdiri dari 30 subjek uji coba dan 60 subjek penelitian. Instrument yang digunakan dalam penelitian yakni skala harga diri peneliti menyusun alat ukur berdasarkan SEI (Self Esteem Inventory) teori milik Coopersmith (1967) sedangkan skala perilaku konsumtif disusun peneliti berdasarkan teori Lina amp Rasyid (1997). Koefisien korelasi dengan teknik analisis data korelasi product moment menunjukkan nilai sebesar -0 284 dengan signifikansi sebesar 0 028 (p lt 0 05) yang berarti terdapat hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada santri di pondok pesantren X kota Pasuruan dengan arah hubungan negatif. Hubungan negatif memiliki arti bahwa semakin tinggi tingkat harga diri maka semakin rendah tingkat perilaku konsumtif begitu pun sebaliknya semakin rendah tingkat harga diri maka semakin tinggi tingkat perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 15 Dec 2022 02:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265237

Actions (login required)

View Item View Item