Hubungan antara fanatisme dengan perilaku agresi pada suporter persatuan sepak bola Makassar / Andi Munadiyah Darwis - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara fanatisme dengan perilaku agresi pada suporter persatuan sepak bola Makassar / Andi Munadiyah Darwis

Darwis, Andi Munadiyah (2022) Hubungan antara fanatisme dengan perilaku agresi pada suporter persatuan sepak bola Makassar / Andi Munadiyah Darwis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Perilaku agresi sering terjadi pada suporter sepak bola salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku agresi tersebut adalah fanatisme atau kecintaan yang berlebihan terhadap tim yang didukungnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fanatisme dengan perilaku agresi pada suporter sepak bola PSM Makassar. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan antara fanatisme dengan perilaku agresi pada suporter sepak bola PSM Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling dengan subjek sebanyak 263 orang suporter. Instrumen yang digunakan berupa skala yang terdiri dari skala agresivitas yang dikembangkan oleh Buss dan Perry (1992) dengan judul aggression quistionnare dan telah di adaptasi oleh Pandayanisa (2021) sebanyak 29 aitem dan skala fanatisme yang disusun oleh peneliti menurut aspek yang dikemukakan oleh Goddard (2001) sebanyak 40 aitem. Analisis data menggunakan analisis korelasi rank spearman dan menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0 272 (p lt 0 05) dengan arah hubungan yang searah dan kategori sedang atau cukup. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara fanatisme dengan perilaku agresi ada suporter sepak bola PSM Makassar. Kata Kunci fanatisme perilaku agresi suporter sepak bola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265232

Actions (login required)

View Item View Item