Resiliensi pada mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Negeri Malang / Riza Puspita Larasati - Repositori Universitas Negeri Malang

Resiliensi pada mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Negeri Malang / Riza Puspita Larasati

Larasati, Riza Puspita (2022) Resiliensi pada mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Negeri Malang / Riza Puspita Larasati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana resiliensi pada mahasiswa penyandang disabilitas di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga mahasiswa penyandang disabilitas yang berkuliah di Universitas Negeri Malang dan menyandang disabilitas tidak dari lahir. Teknik pengambilan data yang digunakan yakni wawancara dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik dan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik check back. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan penelitian memiliki kesamaan dan perbedaan satu sama lain dalam melakukan perilaku yang termasuk dalam aspek resiliensi. Persamaan yang dimiliki ketiga partisipan yakni misalnya pada aspek kemandirian memiliki keinginan untuk membuka usaha atau bisnis. Kemudian pada aspek hubungan memaknai hubungan yang baik dan berkualitas dengan menjaga kejujuran dan komunikasi. Kemudian pada aspek humor melakukan bepergian sebagai salah satu cara mengurangi beban pikiran. Untuk perbedaannya misalnya pada aspek moralitas ketiga partisipan memiliki perbedaan dalam menyikapi pentingnya evaluasi pada keputusan yang telah diambil. Partisipan EC menganggap untuk mengetahui dampak positif dan negatif apa dari keputusan yang telah diambil sehingga menjadi pembelajaran bagi keputusan selanjutnya. Partisipan MA mensyukuri hal positif dari keputusan yang telah diambil. Sedangkan partisipan HF melihat apakah keputusan yang telah diambil sudah tepat atau belum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265231

Actions (login required)

View Item View Item