Hubungan dukungan keluarga dan loneliness pada anggota karang taruna di Desa Jatirejoyoso / Febrianti Wina Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan keluarga dan loneliness pada anggota karang taruna di Desa Jatirejoyoso / Febrianti Wina Safitri

Safitri, Febrianti Wina (2022) Hubungan dukungan keluarga dan loneliness pada anggota karang taruna di Desa Jatirejoyoso / Febrianti Wina Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesepian adalah pengalaman emosional yang tidak menyenangkan yang berasal dari tingkat kualitashubungan sosial yang dimiliki seseorang dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor salah satunyaadalah being unattached. Bagi individu yang mengalami kesepian peran dukungan sosial cukuppenting karena membantu individu saat menghadapi suatu permasalahan. Dengan demikianpenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kesepian padaanggota Karang Taruna di Desa Jatirejoyoso. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatifkorelasional karena memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antar dua variabel. Subjek dalampenelitian ini adalah anggota Karang Taruna dari Desa Jatirejoyoso Kabupaten Malang. Penentuansubjek tersebut dilakukan dengan cluster sampling yang terdiri dari 155 orang anggota Karang Tarunayang berasal dari 5 dusun dengan perwakilan sebanyak 31 orang tiap dusun. Teknik pengumpulandata dilakukan dengan menyebarkan skala. Skala yang digunakan adalah skala dukungan keluargaberdasarkan dimensi dukungan keluarga dari teori House 1994 dan skala kesepian berdasarkandimensi kesepian dari Robert Weiss (1998). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubunganyang bersifat negatif antara variabel dukungan keluarga dengan kesepian yaitu sebesar -0 700.Dengan demikian semakin tinggi dukungan keluarga maka kesepian akan rendah. Sebaliknya apabiladukungan keluarga rendah maka kesepian akan cenderung tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265230

Actions (login required)

View Item View Item