Hubungan kepribadian tangguh dan stres akademik pada siswa Kelas XII SMA X / Puspita Kinanthi Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepribadian tangguh dan stres akademik pada siswa Kelas XII SMA X / Puspita Kinanthi Putri

Putri, Puspita Kinanthi (2022) Hubungan kepribadian tangguh dan stres akademik pada siswa Kelas XII SMA X / Puspita Kinanthi Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kepribadian tangguh dan stres akademik pada siswa kelas XII SMA X. Penelitian ini didasarkan pada fenomena stres akademik pada siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat stres akademik siswa adalah kepribadian tangguh. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas XII SMA di Kota Malang total seluruh 62 siswa. Pada penelitian ini analisis deskriptif digunakan untuk mengungkap deskripsi mengenai kepribadian tangguh dan stress akademik yang telah diuji secara umum. Pengumpulan data menggunakan modifikasi skala Educational Stress Scale for Adolescents (ESSA) (15 item r 0 736) dan modifikasi Skala The Dispositional Resilience (Hardiness) Scale (HARDY) (27 item r 0 701). Untuk menguji hipotesis digunakan uji korelasi menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Hasil dari uji korelasi yang telah dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment mendapatkan nilai signifikansi 0 147 yang dimana hasil tersebut lebih besar dari signifikansi 0 05 atau sig gt 0 05. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 diterima yang berarti tidak terdapat korelasi antara variabel kepribadian tangguh dan variabel stres akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265226

Actions (login required)

View Item View Item