Studi fenomenologi: dinamika koping pada penyintas nonsuicidal self-injury (NSSI) - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi: dinamika koping pada penyintas nonsuicidal self-injury (NSSI)

Aini, Adinda Nur (2022) Studi fenomenologi: dinamika koping pada penyintas nonsuicidal self-injury (NSSI). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nonsuicidal self injury atau menyakiti diri tanpa niatan bunuh diri dilakukan individu untuk mengekspresikan tekanan yang dirasakan. Individu dengan riwayat NSSI menginginkan kehidupan yang lebih baik. Koping yang positif sangat dibutuhkan dalam proses berhenti nonsuicidal self-injury. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami koping selama proses berhenti NSSI dan alasan berhenti NSSI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologis dengan 2 partisipan perempuan dan 1 partisipan laki-laki berusia 21-24 tahun yang diperoleh melalui purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi non partisipan dan wawancara mendalam semi-terstruktur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif dan uji keabsahan data berupa ketekukan pengamatan dan member check. Hasil penelitian ini adalah ketiga partisipan memiliki koping yang beragam untuk mendukung proses berhenti NSSI seperti planning using instrumental support self-distraction using emotional support denial religion positive reframin dan acceptance. Ketiga partisipan juga memiliki alasan berhenti NSSI seperti social support motivasi diri dan terselesaikannya sumber masalah. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah diperlukan pengembangan penelitian dengan menggabungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif seperti dengan menggunakan instrumen dalam pengumpulan data terkait NSSI. Selain itu penelitian selanjutnya juga dapat membandingan partisipan dengan latar belakang kepercayaan maupun daerah tertentu untuk mendapatkan esensi dari fenomena yang lebih detail terkait pemaknaan dinamika koping pada penyintas NSSI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265223

Actions (login required)

View Item View Item