Gambaran grief pada emerging adulthood yang kehilangan orang tua akibat covid-19 / Bella Safira Adiansa - Repositori Universitas Negeri Malang

Gambaran grief pada emerging adulthood yang kehilangan orang tua akibat covid-19 / Bella Safira Adiansa

Adiansa, Bella Safira (2022) Gambaran grief pada emerging adulthood yang kehilangan orang tua akibat covid-19 / Bella Safira Adiansa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Grief merupakan proses untuk menyesuaikan diri dengan kenyataan yang ada terdiri atas denial anger bargaining depression dan acceptance. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran grief pada emerging adulthood yang kehilangan orang tua akibat COVID-19 dan dukungan yang mereka peroleh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus kepada 3 partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan analisis dokumen berupa tulisan buku diary yang diisi oleh partisipan selama 14 hari. Metode analisis menggunakan teknik analisis spiral milik Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan grief dapat muncul secara bersamaan sekaligus seperti denial disertai anger dan depresi. Waktu tiap tahap yang dibutuhkan oleh setiap partisipan untuk menyelesaikan proses grief antara 3-12 bulan. Hal ini mungkin disebabkan oleh dukungan sosial yang diperoleh tiap partisipan seperti motivasi dukungan nasehat saran dan sebagainya baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat membantu partisipan untuk menyelesaikan grief mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 07:49
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265211

Actions (login required)

View Item View Item