Hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal pada remaja / Rizak Nur Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal pada remaja / Rizak Nur Amalia

Amalia, Rizka Nur (2022) Hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal pada remaja / Rizak Nur Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan bentuk komunikasi paling dasar bagi remaja. Kemampuan komunikasi interpersonal yang dimiliki siswa erat kaitannya dengan kepercayaan diri yang dimiliki setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model korelasional untuk melihat hubungan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Berau dengan jumlah total subjek 142 siswa dan menggunakan teknik pengambilan data incidental sampling. Variabel kepercayaan diri diukur menggunakan skala kepercayaan mempunyai validitas sebesar 0 498 dan reliabilitas alpha Cronbach sebesar 0 945. Variabel komunikasi interpersonal diukur menggunakan skala komunikasi interpersonal mempunyai validitas sebesar 0 309-0 465 dan reabilitas alpha Cronbach sebesar 0 893. Hasil penelitian ditemukan adanya hubungan signifikan antara kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal pada remaja (r 0.488 p lt 0.05) artinya terdapat hubungan positif yang menunjukkan semakin tinggi kepercayaan diri remaja maka semakin tinggi pula komunikasi interpersonalnya. Saran yang diberikan pada remaja adalah tingkatkan kepercayaan diri agar kemampuan komunikasi interpersonalnya meningkat dengan cara melakukan banyak interaksi dengan lingkungan sekitar terutama dengan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265208

Actions (login required)

View Item View Item