Hubungan hopelessness dengan suicidal ideation pada remaja / Yucktav Nindya Sukma - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan hopelessness dengan suicidal ideation pada remaja / Yucktav Nindya Sukma

Sukma, Yucktav Nindya (2022) Hubungan hopelessness dengan suicidal ideation pada remaja / Yucktav Nindya Sukma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tahapan remaja merupakan salah satu tahapan yang memiliki tugas perkembangannya sendiri dimana remaja harus mencapai tingkat identitas yang baik. Adanya ketidaksesuain yang dihadapi oleh remaja pada proses pencarian identitas akan membuat mereka mengembangkan perasaan rendah diri dan memunculkan pemikiran bahwa dirinya tidak berharga sehingga mereka akan menjadi pemurung atau bahkan mencoba melakukan bunuh diri. suicidal ideation merupakan pemikiran yang memicu perilaku bunuh diri saat ini pemikiran untuk mengakhiri hidup atau ide bunuh diri semakin sering ditemukan pada kalangan remaja sedangkan pemikiran tersebut merupakan pemikiran yang tidak wajar dan tidak biasa dikalangan anak muda. Munculnya suicidal ideation dapat disebabkan oleh beberapa faktor salahsatunya adalah keputusasaan (hopelessness). Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan dari hopelessness dengan suicidal ideation pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Adapun populasi penelitian yang digunakan adalah remaja yang saat ini sedang memiliki ide bunuh diri sampel yang didapatkan n berjumlah 165 remaja terdiri dari 65 subjek uji coba dan 100 subjek penelitian berdasarkan hasil screening. Instrumen yang digunakan merupakan adaptasi dari skala Beck Hopelessness Scale (BHS) untuk mengukur Hopelessness dan adaptasi dari skala Beck Scale for Suicidal Ideation (BSS) untuk mengukur Suicidal Ideation. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas remaja memiliki hopelessnesss dengan kategori sedang (42%) dan memiliki suicidal ideation pada kategori sedang (46%). Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Pearson rsquo s Product Moment koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0 749 dengan signifikansi 0 001 yang berarti terdapat hubungan signifikan antara hopelessness dengan suicidal ideation pada remaja dengan arah hubungan positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265199

Actions (login required)

View Item View Item