Pengaruh penggunaan balok cuissenaire terhadap motivasi belajar matematika siswa SD Kelas 1 di SDN Ranggahan Kabupaten Kediri / Indira Danvi Megarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan balok cuissenaire terhadap motivasi belajar matematika siswa SD Kelas 1 di SDN Ranggahan Kabupaten Kediri / Indira Danvi Megarani

Megarani, Indira Danvi (2021) Pengaruh penggunaan balok cuissenaire terhadap motivasi belajar matematika siswa SD Kelas 1 di SDN Ranggahan Kabupaten Kediri / Indira Danvi Megarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Danvi Megarani Indira. 2014. Pengaruh Penggunaan Balok Cuissenaire Terhadap Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 1 di SDN Branggahan Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Nur Eva M. Psi. Psikolog Kata Kunci balok cuissenaire motivasi belajar matematika. Motivasi belajar sangatlah penting untuk dimiliki oleh setiap peserta didik karena mampu mempengaruhi keberhasilan belajar. Penggunaan media pembelajaran seperti balok cruissenire sebagai upanya untuk memotivasi peserta didik dalam belajar matematika karena balok cruissenire dapat digunakan untuk mengembangkan kecakapan matematika dengan metode bermain selain itu balok cruissenire terdiri dari balok sepuluh tingkat dengan warna dan ukuran berbeda yang terbuat dari kayu sehingga mudah aman dan menarik untuk digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan balok cuissenaire terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas 1 di SDN Branggahan Kabupaten Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas 1 SDN Branggahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala motivasi belajar matematika. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan data motivasi belajar matematika peserta didik yaitu dengan menghitung rata-rata standar deviasi nilai minimum dan maksimum serta mengkategorikan motivasi belajar matematika peserta didik menjadi tiga ketegori yaitu tinggi sedang dan rendah. Analisis inferensial digunakan untuk pengujian hipotesis dengan paired sample t-test. Sebelum melakukan paired sample t-test ada persyaratan yang harus dipenuhi yaitu data yang dianalisis harus berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan balok cuissenaire terhadap motivasi belajar matematika peserta didik kelas 1 di SDN Branggahan Kabupaten Kediri dengan nilai thitung sebesar 4 861 gt 1 717 ttabel. Dimana motivasi belajar matematika peserta didik sebelum sebelum menggunakan balok cuissionar 43 5% rendah dan setelah diberikannya pembelajaran matematika dengan menggunakan balok cuissionar motivasi belajar matematika peserta didik meningkat 60 9% memiliki motivasi belajar yang sedang. Dengan demikian penggunaan balok cuissenaire meningkatkan motivasi belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan balok cuissenaire dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar matematika khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265191

Actions (login required)

View Item View Item