Regulasi emosi sebagai prediktor stres ibu dalam mendampingi anak belajar daring di SDK Santa Maria I Malang / Maria Evonnita Pascalia Radam - Repositori Universitas Negeri Malang

Regulasi emosi sebagai prediktor stres ibu dalam mendampingi anak belajar daring di SDK Santa Maria I Malang / Maria Evonnita Pascalia Radam

Radam, Maria Evonnita Pascalia (2022) Regulasi emosi sebagai prediktor stres ibu dalam mendampingi anak belajar daring di SDK Santa Maria I Malang / Maria Evonnita Pascalia Radam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan 1) mengetahui gambaran regulasi emosi pada ibu di SDK Santa Maria I Malang. 2) mengetahui gambaran stres ibu dalam mendampingi anak belajar daring di SDK Santa Maria I Malang. 3) mengetahui apakah regulasi emosi dapat menjadi prediktor stres pada ibu dalam mendampingi anak belajar daring. Subjek dari penelitian ini adalah ibu dari siswa di SDK Santa Maria I Malang dengan jumlah sampel sebanyak 191 ibu. Regulasi emosi diukur menggunakan skala Emotion Regulation Questionnaire yang telah diadaptasi dan dimodifikasi dari Gross dan John (2003) berjumlah 10 aitem yang semuanya valid dengan rentang validitas 0 492 sampai 0 743 serta reliabel dengan nilai Cronbach rsquo s Alpha sebesar 0 828. Stres ibu dalam mendampingi anak belajar daring diukur menggunakan skala Parental Stress Scale hasil adaptasi dan modifikasi dari Berry dan Jones (1995) berjumlah 18 aitem yang semuanya valid dengan rentang validitas 0 592 sampai 0 818 serta reliabel dengan nilai Cronbach rsquo s Alpha sebesar 0 945. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu dari siswa di SDK Santa Maria I Malang memiliki tingkat regulasi emosi dan stres dalam mendampingi anak belajar daring yang sedang. Hasil menunjukkan bahwa H1 dalam penelitian ini diterima yaitu regulasi emosi merupakan prediktor stres ibu dalam mendampingi anak belajar daring pada nilai p 0 000 lt 0 005 dan nilai R sebesar 0 700. Sedangkan R square sebesar 0 490 artinya determinasi regulasi emosi terhadap stres pada ibu sebesar 49% sedangkan 51% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian. Penting dilakukan dan diharapkan menjadi perhatian ibu untuk meningkatkan regulasi emosi sehingga dapat terhindar dari stres dalam mendampingi anak belajar daring. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan variabel penelitian mempertimbangkan masih ada 51% variabel lain yang menjadi prediktor stres ibu dalam mendampingi anak belajar daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265190

Actions (login required)

View Item View Item