Hubungan dukungan sosial dan self-stigma dengan kualitas hidup pada pengidap psoriasis / Raisyah Ayu R.A. Arsad - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan sosial dan self-stigma dengan kualitas hidup pada pengidap psoriasis / Raisyah Ayu R.A. Arsad

Arsad, Raisyah Ayu R.a. (2022) Hubungan dukungan sosial dan self-stigma dengan kualitas hidup pada pengidap psoriasis / Raisyah Ayu R.A. Arsad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang ditandai dengan kulit kemerahan bersisik dengan garis tegas. Penyakit psoriasis merupakan penyakit yang bisa dialami seumur hidup dan bersifat residif sehingga kualitas hidup sangat penting bagi kehidupan pengidap psoriasis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui hubungan dukungan sosial dengan kualitas hidup pada pengidap psoriasis (2) menganalisis hubungan self-stigma dengan kualitas kualitas hidup pada pengidap psoriasis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini terdapat tiga instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni MSPSS ISMI dan WHOQOL-BREF yang masing-masing telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya korelasi positif yang signifikan antara dukungan sosial dan kualitas hidup (r 0 534 N 286) dan adanya korelasi negatif yang signifikan antara self-stigma dan kualitas hidup (r -0 067 N 286) pada pengidap psoriasis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265189

Actions (login required)

View Item View Item