Burnout syndrome pada tenaga kesehatan di Kota Kepanjen selama masa pandemi covid-19 / Alfiana Nur Melani - Repositori Universitas Negeri Malang

Burnout syndrome pada tenaga kesehatan di Kota Kepanjen selama masa pandemi covid-19 / Alfiana Nur Melani

Melani, Alfiana Nur (2022) Burnout syndrome pada tenaga kesehatan di Kota Kepanjen selama masa pandemi covid-19 / Alfiana Nur Melani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya pandemi COVID-19 menyebabkan tenaga kesehatan harus bekerja pada situasi yang banyak tekanan dan berisiko tinggi tertular COVID-19. Saat kondisi penularan dan penyebaran covid-19 melandai pun tenaga kesehatan masih harus bekerja memenuhi target vaksin dan pekerjaan pelayanan kesehatan rutin lainnya. Keadaan pekerjaan seperti ini dapat membuat para tenaga kesehatan mengalami burnout syndrome (BOS) (Santoso 2021). Akibat dari BOS adalah kelelahan menurunnya performa kerja kepada klien serta ketidakmampuan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Jika diketahui sejak dini maka dampak BOS dapat dikurangi dengan melakukan coping. Oleh karena itu penelitian ini hendak melihat BOS pada tenaga kesehatan. Penelitian ini dilakukan di Kota Kepanjen yang memiliki rumah sakit rujukan COVID-19 paling banyak di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini 562 tenaga kesehatan yang masih aktif bekerja di tiga Rumah Sakit Kota Kepanjen Kabupaten Malang. Instrumen penelitian menggunakan skala BOS yang dikembangkan peneliti berdasarkan teori Maslach amp Leiter (1997) ( alpha 0 866). Teknik analisis data dilakukan dengan uji deskriptif dengan membandingkan mean dan standar deviasi (SD) hipotetik dan empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean empirik (112 95) gt mean hipotetik (30). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa tingkat BOS tenaga kesehatan di Kota Kepanjen selama pandemi COVID-19 cenderung tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 11 Apr 2023 07:04
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265188

Actions (login required)

View Item View Item