Efektivitas metode loci untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Dasar kelas v di SDN Krenceng 4 Kab Kediri / Afifah Dian Permata - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas metode loci untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Dasar kelas v di SDN Krenceng 4 Kab Kediri / Afifah Dian Permata

Permata, Afifah Dian (2022) Efektivitas metode loci untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Sekolah Dasar kelas v di SDN Krenceng 4 Kab Kediri / Afifah Dian Permata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan sebab akibat antara dua variabel yaitu efektivitas Metode Loci terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas V. Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 peserta didik kelas V SDN Krenceng 4. Penelitian eskperimen ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan yaitu Tes Prestasi Belajar Matematika Kelas V dan Modul Perlakuan Metode Loci. Instrumen Tes telah diuji validitas isinya kepada empat expert judgment menggunakan Indeks Aiken V sehingga didapatkan koefisien sebesar 0 75 hingga 0 94 yang artinya instrumen tersebut valid. Instrumen Modul telah diuji validitas isinya kepada Dr. Nur Eva S.Psi. M.Psi menggunakan Indeks Aiken V sehingga didapatkan koefisien sebesar 0 67 hingga 1 00 yang artinya instrumen tersebut valid. Instrumen tes memiliki reliabilitas yang tinggi sebesar alpha 0 796. Data ini telah diuji normalitasnya dengan p 0 167 (p gt 0 05) untuk pretes dan p 0 659 (p gt 0 05) untuk postes. Data ini juga telah diuji homogenitasnya dengan koefisien sebesar 0 096 gt 0 05 yang artinya data tersebut setara. Dari hasil Uji Paired Sample T-Test didapatkan p 0 009 (p lt 0 05) yang artinya ada perbedaan antara pre-test dan post-test sehingga metode loci efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. Kemudian dari uji Cohen rsquo s d Effect Size didapatkan skor sebesar 77 4% yang dapat disimpulkan bahwa Metode Loci memiliki efektivitas tinggi untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V di SDN Krenceng 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265185

Actions (login required)

View Item View Item