Hubungan Adversity Quotient Dengan Stres Akademik pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Baiky Elya Prayoga - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan Adversity Quotient Dengan Stres Akademik pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Baiky Elya Prayoga

Prayoga, Baiky Elya (2022) Hubungan Adversity Quotient Dengan Stres Akademik pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang / Baiky Elya Prayoga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Organisasi yang banyak ditemui di sebuah Fakultas adalah adanya Badan Eksekutif Mahasiswa yang pengurusnya terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi. Kewajiban sebagai mahasiswa-mahasiswi untuk mengikuti perkuliahan daring seperti yang lainnya dan juga kewajiban untuk tetap melaksanakan kewajiban sebagai Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa itu sendiri yang biasanya memiliki agenda tersediri di dalam fakults tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk tingkat adversity quoetient pada pengurus Badan Eksekutif Mahasiwa Mengetahui tingkat stres akademik pada pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Mengetahui apakah ada hubungan antara adversity quotient dengan stres akademik mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Univeristas Negeri Malang. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah analisis deskriptif dan analisis korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 33 responden. Instrumen pengukuran dalam penelitian ini berupa 40 aitem skala adversity quotient dan 34 aitem skala stres akademik yang masing-masing memiliki reliabilitas 0 925 dan 0 942. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengurus BEM Fakultas Psikologi UM merasa bahwa adversity quotient termasuk dalam kategori sedang dan sebagian besar pengurus BEM Fakultas Psikologi merada bahwa stres akademik termasuk dalam kategori sedang dan Terdapat hubungan negatif signifikan antara adversity quetient dengan stres akademik mahasiwa pengurus BEM Fakultas Psikologi UM namun dengan nilai korelasi yang masuk dalam kategori sedang dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0 204. Saran yang bisa diberikan untuk pengurus BEM Fakultas Psikologi UM adalah meningkatkan adversity quotient nya guna memaksimalkan waktu dan kesempatan belajar yang ada sehingga terhindar dari stres akademik agar belajar dan kesempatan mengembangkan diri melalui organisasi tetap berjalan dengan baik tanpa mengorbakan salah satu untuk ditekuni dan bagi peneliti selanjutnya adalah mengembangkan penelitian dengan melihat hubungan antar variabel yang masih masuk dalam kategori rendah untuk dapat mengkaji dan menemukan variabel lain yang dapat meningkatkan kualitas penelitian mengenai stres akademik mahasiwa yang aktif organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265175

Actions (login required)

View Item View Item