Gambaran post traumatic stress disorder pada korban klitih di Daerah Istimewa Yogyakarta / Fajrul Alam - Repositori Universitas Negeri Malang

Gambaran post traumatic stress disorder pada korban klitih di Daerah Istimewa Yogyakarta / Fajrul Alam

Alam, Fajrul (2022) Gambaran post traumatic stress disorder pada korban klitih di Daerah Istimewa Yogyakarta / Fajrul Alam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus utama untuk meneliti gambaran gejala post-traumatic stress disorder pada individu dewasa awal yang mengalami klitih di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kejadian klitih di Yogyakarta sangat bertentangan dengan semangat daerah tersebut yang berusaha untuk mewujudkan kenyamanan bagi setiap masyarakatnya. Partisipan penelitian ini adalah tiga orang laki-laki dewasa awal yaitu LP seorang mahasiswa asal Bantul IT seorang mahasiswa asal Sleman dan YF yang merupakan mahasiswa asal Sleman. Pengambilan data dilakukan menggunakan desain kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur. Analisis data yang dilakukan adalah analisis tematik menggunakan model Miles dan Huberman. Triangulasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Dalam penelitian ini didapati bahwa seluruh partisipan mengalami kekerasan fisik dan verbal ketika menjadi korban klitih. Peristiwa tersebut menyebabkan dampak emosional berupa trauma psikologis yang dirasakan dalam waktu cukup lama hingga menimbulkan gejala post-traumatic stress disorder yaitu intrusive reexperiencing yang berupa mengingat kembali peristiwa tersebut (flashback) avoidance berupa menghindari berfikir atau percakapan yang berhubungan dengan peristiwa traumatis negative ateraction in mood and cognition berupa pemikiran negatif tentang terhadap diri sendiri ataupun orang lain serta lingkungan sekitar serta arousal berupa kewaspadaan berlebihan. Gejala PTSD tersebut berlangsung sejak mengalami kejadian klitih hingga saat ini dengan kemunculan yang tidak menentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265173

Actions (login required)

View Item View Item