Hubungan dukungan sosial dan motivasi belajar mahasiswa rantau di Universitas Negeri Malang / Begawan Agung Dewaruci - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan sosial dan motivasi belajar mahasiswa rantau di Universitas Negeri Malang / Begawan Agung Dewaruci

Dewaruci, Begawan Agung (2022) Hubungan dukungan sosial dan motivasi belajar mahasiswa rantau di Universitas Negeri Malang / Begawan Agung Dewaruci. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan dukungan sosial dan motivasi belajar mahasiswa rantau di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan design deskriptif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa rantau Universitas Negeri Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 mahasiswa dengan pembagian 10 mahasiswa per fakultas di Universitas Negeri Malang. Quota sampling adalah teknik sampling yang peneliti gunakan dalam menentukan jumlah sampel. Pengumpulan data menggunakan adaptasi Skala Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) oleh Eva dan Bisri (2018) dan modifikasi Skala Academic Motivation Scale (AMS) berdasarkan konsep Vallerand (1992). Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis data korelasi Product Moment Pearson. Didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara kedua variabel dengan nilai (r) sebesar 0 476 dan sig. (p) sebesar 0 00 lt 0 05. Sehingga dapat diketahui bahwa dukungan sosial mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa rantau di Universitas Negeri Malang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan penelitian selanjutnya mengenai dukungan sosial dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 01:05
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265172

Actions (login required)

View Item View Item