Pengaruh penggunaan smartphone bermasalah terhadap konsep diri sosial pada dewasa muda / Ravitawati Dwi Andini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan smartphone bermasalah terhadap konsep diri sosial pada dewasa muda / Ravitawati Dwi Andini

Andini, Ravitawati Dwi (2022) Pengaruh penggunaan smartphone bermasalah terhadap konsep diri sosial pada dewasa muda / Ravitawati Dwi Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Emerging adulthood merupakan periode yang ditandai oleh eksperimen dan eksplorasi. Banyaknya perubahan yang terjadi dapat mempengaruhi konsep diri. Penggunaan smartphone yang bermasalah dapat mempengaruhi pembentukan identitas diri. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan smartphone bermasalah terhadap konsep diri sosial pada dewasa muda. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 170 individu yang merupakan pengguna smartphone yang berusia 18-25 tahun. Pengukuran variabel penggunaan smartphone bermasalah dilakukan dengan menggunakan skala Cuestionario de Experiencias Relacionadas con el M oacute vil (CERM) dengan rentang nilai koefisien validitas berkisar 0 280 ndash 0 617 dan reliabilitas sebesar 0 793. Variabel konsep diri sosial diukur menggunakan skala The Structure of the Social Self-Concept (SSC) Questionnaire dengan rentang nilai koefisien validitas berkisar 0 645 ndash 0 876 dan reliabilitas sebesar 0 920. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat penggunaan smartphone bermasalah pada subjek penelitian berada pada kategori sedang dan konsep diri sosial berada pada kategori positif atau tinggi. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisi regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi diketahui bahwa nilai signifikansi 0 020 lt 0 05 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan smartphone bermasalah terhadap konsep diri sosial. Hasil koefisien determinasi (R Square) menunjukkan kontribusi pengaruh penggunaan smartphone bermasalah sebesar 32%. Diharapkan bagi dewasa muda untuk dapat mempertahankan konsep diri sosial yang positif dengan terus berkontribusi dalam masyarakat. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan menggunakan variabel lain yang tidak digunakan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265169

Actions (login required)

View Item View Item